Englishformuslim: BAHASA INGGRIS DALAM DUNIA PENDIDIKAN ISLAM
Setidaknya ada 5 Alasan Mengapa Muslim harus bisa Bahasa Inggris: 1. Pendidikan yang lebih baik 2. Karir yang lebih cemerlang 3. Mempermudah Traveling Ke luar Negeri 4. Meningkatkan Kepercaan Diri 5. Dakwah Islamiyah ke orang Asing, Metode EM ini dirancang tidak hanya untuk Muslim tapi untuk Non-Muslim yang ingin belajar Islam lewat belajar bahasa Inggris

Senin, 03 Juli 2017

BAHASA INGGRIS DALAM DUNIA PENDIDIKAN ISLAM




        Di dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan Islam.  bahasa inggris mempunyai peran yang sangat penting, karena dengan bahasa inggris, dapat diibaratkan sebagai kunci untuk menguasai ilmu pengetahuan. kita dapat mempelajari ilmu pengetahuan yang menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. Sebagaimana yang kita ketahui, beberapa referensi pendidikan Islam menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab, misalnya buku tentang kedokteran milik Ibnu Sina, tentang Matematika milik Al Jabar, tentang politik dan sejarah milik Ibnu Khaldun. Buku-buku mereka saat ini diajarkan di negara-negara barat misalnya di Jerman, Inggris, Canada, ataupun Amerika. Sehingga buku-buku mereka yang berbahasa Arab itu telah diadopsi dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

         Dengan menguasai bahasa Inggris, kita juga dapat bertukar informasi tentang Islam, ilmu pengetahuan, ataupun keduanya yang lebih dikenal dengan Sains Islam. Dan juga kita dapat berdakwah dengan menggunakan tulisan-tulisan seperti artikel ataupun menyusun buku dalam bahasa Inggris berisikan kajian Islam, kemudian kita publikasikan ke dalam internet. Seperti yang kita tahu bahwa media internet sangat efektif sebagai alat penyebar informasi. Dan bahasa inggris adalah bahasa yang sering digunakan dalam internet. Maka dapat dipahami bahwa bahasa Inggris sangat penting dalam dunia pendidikan Islam. 

         Menurut Zuliati, dosen bahasa Inggris di IAIN Sunan Ampel Surabaya, di dalam blognya beliau mengatakan bahwa bahasa Inggris dalam dunia pendidikan Islam adalah termasuk sebuah media komunikasi untuk berdakwah ke seluruh dunia terutama dunia Barat seperti Amerika dan Eropa. Kita tetap mempelajari Islam dengan menggunakan bahasa aslinya yaitu bahasa Arab, setelah itu kita dapat menyebarkan ke orang-orang non muslim.         

         alasan lain kenapa bahasa Inggris juga sangat penting adalah karena bahasa ini juga bisa digunakan sebagai media untuk menyelesaikan kesalah pahaman. misalnya bila terdapat seseorang atau beberapa orang non muslim Barat yang mengalami kesalahpahaman dalam mempelajari agama Islam, dan mereka tidak ataupun kurang mampu  memahaminya, kita dapat membantu mereka dengan memberikan penjelasan tentang Islam dengan menggunakan bahasa Inggris, bahasa yang merekamengerti.     

         dalam dunia pendidikan, masih terjadi beberapa hambatan dalam mengajarkan bahasa Inggris terutama dalam pendidikan Islam. Masalah utamanya dalah masih kurangnya kesadaran peserta didik untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing mereka. hal ini masih dikarenakan bahasa inggris dianggap sebagai suatu pelajaran yang sulit. bagaimanapun, kita harus mengubah image itu sehingga bahasa inggris tidak lagi menjadi sebuah momok yang menyeramkan. bagaimana caranya? 

         selain dengan cara yang tradisional seperti dengan menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan bahasa Inggris. Ada  cara-cara lain yang memungkinkan peserta didik lebih tertarik kepada bahasa Inggris, misalnya sering menggunakan metode permainan, mengadakan music club, menyanyi bersama dengan lagu-lagu yang menggunakan bahasa Inggris, ataupun menonton film yang menggunakan bahasa Inggris setelah itu membahas film itu, baik dari segi cerita, karakter, budaya maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan film itu dengan menggunakan bahasa Inggris ataupun bahasa campuran sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik.      

         kita dapat simpulkan bahwa dengan bahasa Inggris kita dapat mempelajari ilmu pengetahuan, baik itu ilmu pengetahuan umum ataupun sains Islam. dengan bahasa Inggris pula kita dapat turut serta dalam perjuangan dakwah Islam, baik itu di negara kita sendiri atau negara-negara yang penduduknya masih banyak non muslim.

         semoga, kita semua tidak lupa untuk selalu memohon kepada Allah sehingga diberi kemudahan dalam mecari ilmu.        

sumber: http://goodenglishcourse1.blogspot.co.id/2012/02/bahasa-inggris-dalam-dunia-pendidikan.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar