Englishformuslim: TERJEMAHAN TERMINOLOGI ISLAM DALAM BAHASA INGGRIS
Setidaknya ada 5 Alasan Mengapa Muslim harus bisa Bahasa Inggris: 1. Pendidikan yang lebih baik 2. Karir yang lebih cemerlang 3. Mempermudah Traveling Ke luar Negeri 4. Meningkatkan Kepercaan Diri 5. Dakwah Islamiyah ke orang Asing, Metode EM ini dirancang tidak hanya untuk Muslim tapi untuk Non-Muslim yang ingin belajar Islam lewat belajar bahasa Inggris

Minggu, 11 Juni 2017

TERJEMAHAN TERMINOLOGI ISLAM DALAM BAHASA INGGRIS

TERJEMAHAN TERMINOLOGI ISLAM DALAM BAHASA INGGRIS

TERJEMAHAN TERMINOLOGI ISLAM DALAM BAHASA INGGRIS

 
Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris ternyata memiliki padanan kata atau padanan istilah dalam hampir setiap negara dan budayanya. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penutur bahasa Inggris yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Bukan hanya karena penutur bahasa Inggris yang beragam, ilmuwan-ilmuwan bahasa (linguis) pun juga turut mendukung eksistensi bahasa Inggris dengan penelitian-penelitiannya yang terbilang sangat spesifik dalam bidang bahasa dan budaya yang dapat mempermudah belajar bahasa Inggris.

Terlepas dari bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris memang sangat erat hubungannya dengan banyak budaya di setiap negara. Oleh sebab itu, bahasa Inggris dapat disebut sebagai bahasa penembus batas yang menjunjung tinggi akan nilai kebebasannya yang bertanggung jawab. Keberagaman bahasa Inggris serta penuturnya yang berasal dari pelbagai budaya ini ternyata juga memberikan sumbangsih yang besar untuk perbendaharaan kata dan padanannya yang dapat diterima oleh masyarakat luas di berbagai negara.

Sebagai bukti bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang mampu menembus batas budaya suatu negara adalah padanan bahasa Inggris untuk bahasa Arab mengenai terminologi Islam. Berikut adalah potongan transliterasi ayat Al-Qur’an dengan bahasa Inggris:

Bismillahirrahmanirrahim

In the name of Allah, the Entirely Merciful, the Especially Merciful

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

FASTING MONTH AND IED MUBARAKH

 
Ketika seseorang memberikan ucapan selamat Idul Fitri, banyak yang mengatakan Happy Ied Mubarakh. Ucapan tersebut digunakan untuk mengatakan ‘selamat lebaran’ bagi umat muslim yang merayakan Idul Fitri atau Eid al-Fitr atau juga Id al-Fitr yang juga dikenal sebagai Eid ul-Fitr. Dalam bahasa Inggris, Lebaran ini dikenal sebagai Blessed Festival. Saat orang memberikan ucapan tersebut, biasanya mendapatkan balasan May Allah bless it for you too atau Allah yubarak feek.

 
Assalamualaikum               : May Peace Be Upon You

Alhamdulillah                     : All praise is due to Allah

Allahu Akbar                      : Allah is great

Sahur                                : A Predawn meal

Maghrib (Buka Puasa)          : As soon as the sunset prayer time comes in

Wudlu                                 : Ablution

Zakat                                  : Obligatory charity

Syahadat                             : Creed of Islam

Bismillah                              : In the name of Allah

sumber: http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/terjemahan-bahasa-inggris-di-tingkat-teks/terjemahan-terminologi-islam-dalam-bahasa-inggris.aspx

Tidak ada komentar :

Posting Komentar