Englishformuslim: FENOMENA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Setidaknya ada 5 Alasan Mengapa Muslim harus bisa Bahasa Inggris: 1. Pendidikan yang lebih baik 2. Karir yang lebih cemerlang 3. Mempermudah Traveling Ke luar Negeri 4. Meningkatkan Kepercaan Diri 5. Dakwah Islamiyah ke orang Asing, Metode EM ini dirancang tidak hanya untuk Muslim tapi untuk Non-Muslim yang ingin belajar Islam lewat belajar bahasa Inggris

Rabu, 14 Juni 2017

FENOMENA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

FENOMENA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Oleh Ust. Jazuli
ENGLISHPenguasaan bahasa inggris memang begitu penting, mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional dunia. Dengan menguasai bahasa inggris tentunya kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari Negara lain dengan mudah, dan juga mempelajari berbagai sumber bacaan yang menggunakan bahasa inggris.
Anehnya kalau kita hitung sudah berapa tahunkah kita belajar bahasa inggris di sekolah, di SMP kita 3 tahun mendapat pelajaran bahasa inggris, di SMA 3 tahun, jadi totalnya sudah enam tahun belum lagi kalau yang mulai SD nya sudah dapat pelajaran bahasa inggris bearti sudah 12 tahun kita belajar bahasa inggris. Sudah selama itu kita mendapat pelajaran bahasa inggris. Yang jadi pertanyaan, “Sudah seberapa persenkah kita menguasainya?”. Padahal untuk menjadi international people, bahasa inggris merupakan syarat utamanya sebagai modal utama menghadapi persaingan global dunia. Mampukah Indonesia bersaing dengan Negara lain kalau seperti ini terus?.
Disisi lain, kalau kita tengok sebentar mengenai pembelajaran dan pengajaran bahasa inggris di Sekolah sekolah Indonesia ini, kita bisa golongkan pengajaran bahasa inggris di sekolah berdasarkan bahasa pengantar yang digunakan menjadi 4 kelompok:
  1. Pengajaran bahasa inggris yang bahasa pengantarnya adalah bahasa Indonesia
  2. Pengajaran bahasa inggris yang menggunakan bahasa campuran (Mix Language)
  3. Pengajaran bahasa inggris yang menggunakan system bilingual
  4. Pengajaran bahasa inggris yang menggunakan bahasa inggris 100 %
Dari keempat kelompok kita bisa memilih manakah system pengajaran yang paling tepat yang akan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam penguasaan bahasa inggris, sebagai bahan acuan, pada dasarnya diperlukan 3 faktor pendukung dalam pengusaan suatu bahasa, yaitu :
  1. Lingkungan ( Environment )
  2. Sering Mendengarkan ( Listen More )
  3. Sering berbicara, Memparaktekkan ( Practice and speak more )
Jadi kalau anda diberi Pilihan, manakah dari keempat kelompok yang anda pilih ??
sumber: https://sekolahprogresif.sch.id/fenomena-pengajaran-bahasa-inggris/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar