Englishformuslim: Bahasa Inggris ternyata berasal dari negeri Muslim
Setidaknya ada 5 Alasan Mengapa Muslim harus bisa Bahasa Inggris: 1. Pendidikan yang lebih baik 2. Karir yang lebih cemerlang 3. Mempermudah Traveling Ke luar Negeri 4. Meningkatkan Kepercaan Diri 5. Dakwah Islamiyah ke orang Asing, Metode EM ini dirancang tidak hanya untuk Muslim tapi untuk Non-Muslim yang ingin belajar Islam lewat belajar bahasa Inggris

Rabu, 14 Juni 2017

Bahasa Inggris ternyata berasal dari negeri Muslim

Bahasa-bahasa Indo-Eropa modern, termasuk Inggris, berasal dari Turki 9.000 tahun lalu, kata para peneliti.
Penemuan mereka berbeda dari teori konvensional bahwa bahasa-bahasa ini berasal dari Russia barat daya sekitar 5.000 tahun lalu.

Temuan mereka dilaporkan dalam jurnal Science.Para peneliti Selandia Baru menggunakan metode untuk mempelajari epidemi virus dan membuat pohon silsilah bahasa Indo Eropa kuno dan modern untuk mengetahui kemana dan kapan bahasa keluarga itu pertama kali muncul.
Keluarga bahasa adalah kelompok bahasa yang muncul dari satu nenek moyang, dikenal dengan nama bahasa proto.
Ahli bahasa mengidentifikasi keluarga-keluarga bahasa ini dengan cara mempelajari bahasa modern untuk mencari bunyi kata serupa yang seringkali menjelaskan hal serupa pula, seperti water dan wasser [bahasa Jerman]. Kata-kata homofon mewakili warisan bahasa.
Menurut database etnologi, Ethnologue, ada lebih dari 100 keluarga bahasa.

Menyebar dari Turki

Keluarga Indo Eropa adalah salah satu keluarga terbesar, lebih dari 400 bahasa diucapkan di lebih dari 60 negara dan asal muasal mereka tidak jelas.
Steppes atau Kurgan, para ahli teori yang menyatakan bahwa bahasa proto berasal dari Steppes di Rusia, di utara Laut Kaspia, sekitar 5.000 tahun silam.
Sedangkan hipotesis Anatolia yang pertama kali dikemukakan di akhir 1980an oleh Prof Colin Renfrew [kini Lord Renfrew] menyatakan bahwa bahasa itu berasal dari wilayah Anatolia di Turki, 3.000 tahun silam.
Untuk menentukan teori yang mana yang paling mungkin, Dr Quentin Atkinson dari Universitas Auckland dan timnya menginterogasi evolusi bahasa menggunakan analisa phylogenetic.
Hasil analisa dan tes adalah bahasa-bahasa Indo Eropa modern berasal dari Anatolia.
Mengomentari hal itu, Prof Mark Pagel dari University of Reading, Inggris, yang terlibat dalam riset itu mengatakan, "Ini adalah aplikasi super dari metode evolusi biologi untuk memahami masalah dalam evolusi budaya, yaitu asal dan penyebaran bahasa-bahasa Indo Eropa.
"Temuan ini juga menyimpulkan bahwa bahasa-bahasa Indo Eropa berumur sedikitnya 8.000 hingga 9.500 tahun dan seperti yang sudah lama dispekulasikan, berasal dari kawasan Anatolia yang sekarang dikenal dengan Turki dan menyebar dari sana."

sumber: http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2012/08/120829_originofenglish.shtml

Tidak ada komentar :

Posting Komentar