Englishformuslim: Istilah-istilah Islam dalam Bahasa Inggris
Setidaknya ada 5 Alasan Mengapa Muslim harus bisa Bahasa Inggris: 1. Pendidikan yang lebih baik 2. Karir yang lebih cemerlang 3. Mempermudah Traveling Ke luar Negeri 4. Meningkatkan Kepercaan Diri 5. Dakwah Islamiyah ke orang Asing, Metode EM ini dirancang tidak hanya untuk Muslim tapi untuk Non-Muslim yang ingin belajar Islam lewat belajar bahasa Inggris

Kamis, 15 Agustus 2013

Istilah-istilah Islam dalam Bahasa Inggris

Tidak Ada Larangan untuk Belajar Bahasa Inggris Menjelang Lebaran

HL | 29 July 2013 | 18:26 Dibaca: 677   Komentar: 28   18
1375105891617354353
Ilustrasi/Admin (Shutterstock)
Lagi-lagi Bahasa Inggris. Mungkin itulah yang akan sidang pembaca katakan. Tapi, karena sudah menjadi hobi, maka kali ini saya berkeinginan untuk menuliskan kembali tentang English. Keinginan bulat saya adalah menjadikan English sebagai sesuatu yang menyenangkan, dan bukan sebaliknya, menakutkan serta membosankan. Karena ini Bulan Ramadhan, dan tidak lama lagi saudara-saudara yang beragama Islam akan merayakan Idul Fitri, maka saya bermaksud menuliskan tentang ‘English – on – Ramadhan – and – Ied Mubarakh’. Bahasa Inggris di seputaran Ramadhan, Idul Fitri, dan Islam itu sendiri. Ngomong-ngomong, tidak ada larangan untuk belajar Bahasa Inggris menjelang Lebaran kan? LoL.
Tahun lalu, ketika Presiden Obama memberikan ucapan selamat Idul Fitri, ia mengatakan ‘Ied Mubarakh’ atau kawan-kawan saya mengucapkannya sebagai ‘Happy Ied Mubarakh’. Tapi apa sih arti sesungguhnya dari ucapan tersebut? Ied Mubarakh adalah ucapan untuk mengatakan ‘selamat lebaran’ bagi umat Muslim yang merayakan Idul Fitri atau Eid al-Fitr atau juga Id al-Fitr yang juga dikenal sebagai Eid ul-Fitr. Di beberapa Negara, perayaan tersebut dilakukan selama tiga hari, misalnya di Yordania dan Uni Emirat Arab.
Dalam Bahasa Inggris, ‘Ied Mubarakh’ juga dikenal sebagai ‘Blessed Festival’. Nah, biasanya orang yang memberikan ucapan selamat tersebut akan mendapatkan balasan ‘May Allah bless it for you too’ atau ‘ Allah yubarak feek’.
Lantas apa Bahasa Inggrisnya ‘Assalamualaikum’, artinya kurang lebih adalah ini: Peace be upon you. Semoga damai menyertaimu. Sedangkan ‘alhamdulillah’ artinya adalah segala kemuliaan hanyalah bagi Allah, atau all Praise be to Allah. Nah, kalau di Amerika ketika ada orang bersin maka yang di sekitarnya akan mengatakan ‘Bless you’ atau ‘God bless you’, bagi sebagian umat muslim di sana ketika ada yang bersin maka mereka akan mengatakan ‘al-hamdulillah’. Selanjutnya, ketika umat muslim mengangkat tangannya dan meletakkannya di telinga mereka sembari mengatakan ‘Allahu Akbar’, itu artinya Allah is great.
Bulan Puasa dikenal dengan sebutan Fasting Month atau Ramadhan. Tapi apa kira-kira sebutan untuk ‘sahur’? Ternyata banyak yang menyebutnya sabagai ‘a predawn meal’. Untuk waktu berbuka puasa seperti apa? Waktunya adalah as soon as the sunset prayer time comes in (Magrib). Dan tentu saja, harus dilakukan without any delay whatsoever. Di beberapa negara, biasanya berbuka puasa itu dilakukan dengan buah kurma (dates). Katanya, karena itulah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad pada zamannya, berbuka dengan Kurma. Bagaimana kalau di lingkungan yang sangat sulit untuk mendapatkan Kurma? Misalnya di kampung saya di Minahasa sana? Ya tentu akan lain ceritanya, tidak perlu pakai Kurma tapi cukup dengan Nasi Kuning, ikang garang, atau sambel roa, ododoe pe pidis skali eh…
Sekarang, apa maksudnya dengan ablution? Itu adalah ketika kita hendak membasuh diri sebelum berdoa atau sholat, kita mengenalnya dengan sebutan wudu’. Terus, apa artinya ‘zakat’? Itu adalah obligatory charity. Lain lagi untuk sebutan mereka yang ‘naik haji’, di Amerika sebutan untuk itu bukan ‘naik haji’ tapi hajj trip. Perjalan menunaikan ibadah haji. Kegiatan tersebut adalah keharusan bagi setiap muslim untuk melakukannya setidaknya satu kali seumur hidupnya, tentu saja bila ia mampu secara fisik dan keuangan. Naik haji adalah the pilgrimage to Mecca. Is an obligation upon every Moslem and must be performed at least once in a life time IF physically and financially able.
Belum capek kan? Belum bosan kan? Oke, mari kita lanjutkan lagi. Apa artinya ‘Sahadat’? Itu adalah sebuah creed of Islam. Pengakuan bagi mereka yang mengaku diri sebagai umat muslim. Isinya kurang lebih adalah, ‘I bear witness that there is no deity worthy of worship except Allah, and I bear witness that Muhammad is the Messenger of Allah.’ Seperti itu.
‘Bismillah’ adalah sebutan lain dari in the name of Allah. Ini biasanya diucapkan ketika hendak melakukan suatu hal atau sebuah tindakan. Saya anjurkan untuk mengucapkannya tidak hanya ketika akan melakukan perkara besar saja, yang kecil pun semestinya didahului dengan sebutan ini. Sebab, bukankah Allah berperkara tidak hanya pada hal-hal besar semata? Tapi juga untuk hal-hal yang kita anggap kecil sekalipun. Ada orang ketika mau diinterview oleh boss besar perusahaan tertentu baru mengucapkan bismillah, tapi setiap pagi mau naik motor umpamanya, justru tidak pernah mengucapkannya. Padahal, dia dekat dengan kematian ketika sementara berada di atas motor lebih daripada ketika ia sementara duduk di depan boss besar.
‘Sura’ adalah sebutan untuk pasal-pasal di Alquran - Chapter of the Qu’ran/Koran. Sementara Qibla/kiblat’ adalah arah di mana setiap muslim harus menghadap ketika sholat. Direction in which the Kaaba, in Saudi Arabia located. Kalau di Amerika maka lokasinya adalah menghadap ke North-east.
Pernah lihat nama Nabi Muhammad? Di belakangnya kan ada tulisan SAW, nah apa artinya itu? Sallallahu alaihe wa sallam memiliki arti, (may) the peace and blessings of Allah be upon him. Ini yang terakhir deh, kalau Anda suka menonton acaranya Tukul yaitu Bukan Empat Mata, hampir pasti akan selalu Anda dengarkan si Tukul mengatakan subhanAllah’. Apa artinya itu? Dalam Bahasa Inggris ia dapat diterjemahkan sebagai ‘Glory be to Allah’.
Saya rasa, cukuplah sudah pembahasan kita kali ini. May Allah keep you on the straight path, strengthen you to the fullest and make you as the role models for the rest of humanity.  Amin. —Michael Sendow—

sumber: http://bahasa.kompasiana.com/2013/07/29/tidak-ada-larangan-untuk-belajar-bahasa-inggris-menjelang-lebaran--580745.html

3 komentar :