Englishformuslim: Apak hukum belajar bahasa ASING?
Setidaknya ada 5 Alasan Mengapa Muslim harus bisa Bahasa Inggris: 1. Pendidikan yang lebih baik 2. Karir yang lebih cemerlang 3. Mempermudah Traveling Ke luar Negeri 4. Meningkatkan Kepercaan Diri 5. Dakwah Islamiyah ke orang Asing, Metode EM ini dirancang tidak hanya untuk Muslim tapi untuk Non-Muslim yang ingin belajar Islam lewat belajar bahasa Inggris

Sabtu, 06 Juli 2013

Apak hukum belajar bahasa ASING?

Hukum Belajar Bahasa Asing

Posted on June 12, 2011 by mahad_ilmi 2 Comments Fatawa Lajnah Da’imah 3/4967
Pertanyaan :
Apakah belajar bahasa Inggris haram atau halal ?
Jawaban :
Jika ada kebutuhan dunia atau agama untuk belajar bahasa Inggris  atau yang lainnya dari bahasa asing maka tidak dilarang untuk mempelajarinya, adapun jika jika tidak ada kebutuhan maka mempelajarinya adalah makruh.

Fatawa Lajnah Da’imah 6/8864
Pertanyaan :
Apakah mempelajari bahasa asing (seperti bahasa Inggris, Jerman dan yang lainnya) merupakan bahasa orang kafir Nashara, untuk bisa saling memahami khususnya dalam pekerjaan, safar, berobat dan yang lainya dari hal-hal duniawiah, apakah hal itu haram atau halal ?
Jawaban :
Mempelajari selain bahasa Arab untuk mengajak kepada Islam dan butuhnya seorang da’i akan hal itu kepada orang yang mempelajarinya adalah sesuatu yang membawa maslahat atau bisa menolak mafsadah (kerusakan) maka itu boleh bahkan bisa menjadi wajib tergantung kepada perbedaan kondisi dan keadaan waktu, tempat, person dan juga niatnya.
Ketua      :
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz
Anggota  :
Syaikh Abdullah bi Qu’ud
Syaikh Abdullah bin Ghudayyan
Syaikh Aburrazaq Afifi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar